Selasa, 26 Juni 2018


Tips menyikapi masalalu pasangan agar tidak menjadi sandungan dalam berumah tangga

1.      Hindari Membanding – bandingkan pasangan dengan mantan yang pernah ada di masa lalunya
Sertiap orang siapapun itu pasti tidak ingin dibanding – bandingkan. Begitu juga dengan pasangan kita. Akan sangat menyakitkan hati ketika kita membanding – bandingkan pasangan kita dengan sang mantan. Bersabarlah dengan segala kekurangan yang ada karena bisa jadi di balik kekurangan menurut kita, ada kelebihan yang yang itu baik untuk kita.

2.      Bercerita
Ceritakan masa lalu terkait mantan dengan pasangan agar pasangan kita tahu tentang masa lalu kita dari cerita kita. Bukan dari cerita orang lain. Selain itu, dengan cerita tersebut, pasangan kita akan lebih siap ketika suatu saat bertemu secara tidak senganja dengan mantan kita.

3.      Jadikan yang baru untuk belajar
Tidak ada seseorang yang sempurna. Begitu juga dengan pasangan yang kita nikahi. Mantan ataupun pasangan kita punya sisi kelebihan masing – masing. Jadikan kelebihan pasangan kita sebagai pelengkap dan sebagai pembelajaran baru buat kita.

4.      Tidak memikirkan kekurangan pasangan kita
Yakinlah juga bahwa mantan juga punya kekurangan yang belum kita ketahui karena kita tidak hidup bersamanya. Demikian juga pangan kita. Kekurangan pasangan kita sangan kelihatan karena dia lah yang setiap hari membersamai kita. Dari bangun tidur sampai tidur lagi. Jadikan kekurangan pasangan kita sebagai motivasi kita untuk melengkapinya, melu
ruskannya dan membuatnya menjadi lebih baik.

5.      Membatasi pola komunikasi
Bagi seorang suami atau istri, jangan bersikap over protektif atau membatasi komunikasi pasangan kita. Karena bisa jadi hal itu membuat suami atau istri merasa tidak dipercaya sehingga akan membuat dia benar – benar melakukan hal – hal yang kita tuduhkan.

6.      Hindari komunikasi dua arah yang intens dengan mantan

7.      Pakai rasio jangan mendominasi perasaan dalam menyelesaikan masalah

8.      Tutupi masalah yang terkait mantan dengan masalah lain dengan maksud memberi solusi agar masalah yang ada bisa teralihkan.

S   Semua orang pasti punya masa lalu, tapi yang terpenting adalah ketika sudah berumah tangga hal itu tidak menjadi bayang – bayang yang akan merapuhkan kehidupan rumah tangga. Serta menjauhi komunikasi dengan mantan agar bisa fokus mencintai pasangan kita.

(335 kata di 30HariMenulis Day 2)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RESOLUSI 2019

Banyak hal yang sudah kita lewati bersama suka duka sudah kita lalui bersama Biarkan tahun kemarin berlalu dengan membawa hal-hal yang bu...