Rabu, 27 Juni 2018


PESAN BERMAKNA

Masih teringat percakapan dengan mbah kemarin sore. Kami memanggilnya Mbah karena memang yang dituakan oleh Bapak Ibu meski bukan orang tua dari mereka. Kami juga sudah menganggapnya seperti mbah kami sendiri. Beliau mengatakan bahwa bekal hidup adalah ikhlas dan sabar. Hal itu juga yang akan dibawa sampai di kehidupan selanjutnya. Begitu beliau bercerita.

Aku pun berkomentar bahwa 2 hal itu sulit. Lalu beliau pun memberikan tips bahwa hal itu harus dilatih sejak dini. Ingin jadi orang yang sabar bearti dari sekarang harus berlatih untuk mengerem amarah. Lama kelamaan proses itu akan menjadi kebiasaan.

            Bisa itu karena biasa. Begitu kata pepatah yang sering terdengar. Beliau juga menyampaikan ketika kita bisa ikhlas dan rela maka itu bisa jadi point tersendiri dalam hidup. Jadi ingat cerita salah satu sahabat yang lewat lalu Rasulullah mengatakan bahwa orang itu adalah ahli syurga. Sampai 3 kali orang itu lewat, Rasulullah mengatakan hal yang sama. Hal itu memicu rasa penasaran dari salah satu sahabat yang hadir dan mendengar pernyataan Rasulullah. Akhirnya, sahabat tadi mengikuti orang tersebut dan bermalam di rumahnya selama tiga hari. Ternyata tidak amalan yang spesial. Setelah sahabat bertanya tentang apa yang telah disampaikan oleh Sang Rosul barulah orang tersebut bercerita bahwa dia tidak pernah menyimpan amarah dan selalu ikhlas memaafkan sebelum ia tertidurTernyata amalan hati dan keikhlasan yang membawanya menjadi ahli syurga.

            Apa yang disampaikan dengan hati akan sampai ke hati pula. Begitu juga yang disampaikan mbah tersebut. Karena menurut pandangan saya, beliau adalah orang yang zuhud. Mengambil dari dunia hanya secukupnya saja. Beliau juga terkenal orang yang sangat sabar. Aku tidak pernah melihatnya marah. Hidupnya juga sederhana dan bersahaja. Keikhlasan akan takdir hidup yang telah digariskan oleh Nya sangat terlihat. Tidak pernah menjelek – jelekkan orang apalagi menggosip. Apabila diajak menggosip, dia mengalihkan pembicaraan ke arah lain yang positif. Sosok sesepuh yang patut dicontoh keteladanannya.

(30HariMenulisDay4, 301 kata)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RESOLUSI 2019

Banyak hal yang sudah kita lewati bersama suka duka sudah kita lalui bersama Biarkan tahun kemarin berlalu dengan membawa hal-hal yang bu...