Jumat, 13 Juli 2018

FORUM ANAK REMBANG (FAR) / 30HariMenulisDay20




FORUM ANAK REMBANG (FAR)

Pada hari ini Sabtu 14 Juli 2018 Forum Anak Kabupaten Rembang melaksanakan  kegiatan Penguatan Forum Anak Rembang dan reorganisasi forum anak Rembang tahun 2018. Kegiatan ini dibawah pengawalan Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (DINSOSPPKB). Kegiatan berlangsung di gedung Sanggar Budaya Kabupaten Rembang Komplek Pendopo Lama Kabupaten Rembang. Peserta yang ikut sejumalha 140  dengan keterwakilan Forum anak Kecamatan yang ada di 14 Kecamatan, pengurus Forum Anak Rembang (FAR) dan Perwakilan dari Forum anak yang ada di sekolah-sekolah yang ada di Kecamatan Kota.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala DINSOSPPKB Rembang yaitu Ibu Sri Wahyuni, SH, M.Si. Kemudian di pandu oleh Kak Eri Pratama. Ia adalah Fasilitator anak provinsi Jawa Tengah. Kak Eri sendiri merupakan pengurus Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Kabupaten Klaten Jawa Tengah. Beliau suadh sering dipanggil di Kabupaten Rembang dalam acara-acara anak yang diselenggarakan di Kbaupaten Rembang.

                                   (Pembukaan Oleh Kepala DINSOSPPKB Kab.Rembang)



Harapan dari acara ini adalah tersosialisasinya tentang hak-hak anak yang telah disampaikan dalam Konverensi Hak Anak (KHA). Diataranya adalah hak hidup, hak perlindungan, hak tumbuh kembang dan hak partisipasi. Rangkaian acara ini adalah salah satu hak anak untuk berpasrtisipasi. Karena dalam acara ini peserta diminta untuk menyebutkan nama, asal, potensi yang di miliki, harapan dari acara ini serta harapan menjadi pengurus forum anak. Peserta nantinya akan di bagi menjadi beberapa kelompok sesuai dengan kertas model yang mereka terima saat datang.

Selain itu, out put dari acara ini adalah terbentuknya pengurus forum anak kabupaten Rembang yang mampu mengemban amanah dengan penuh tanggunghawab. Yaitu menjadikan anak-anak Rembang menjadi anak-anak yang lebih baik, jauh dari pergaulan bebas, jauh dari Napza, jauh dari sex bebas.Sehingga akan tercipta generasi remaja yang sehat, cerdas, ceria dan beriman kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.Setelah pengurus anak ini terbentuk, harapannya mereka bisa jadi duta forum anak provinsi dan Nasional yang akan mewakili Kabupaten Rembang.

Setelah acara di buka oleh Kepala DINSOSPPKB, kemudian dilanjut acara inti yang dipandu oleh Kak Eri. Beliau memandu dengan sangat baik. Anak-anak di setting duduk melingkar. Lalu, dilanjut dengan perkenalan memakai lagu.

“Halo, apa kabar kawan...Aku baik-baik saja...Bergembira (prok-prok)...putar badan carilah kawan,hallo.”


   

Kak Eri sambil memainkan gitar mengiringi lagu dan anak-anak berpasang pasangan. Berkenalan bergantian sesuai berhentinya melodi lagu. Setelah berdiri, mereka diminta duduk melingkar sesuai pasangan kawannya yang diajak berkenalan terakhir.
Dilanjut tepuk salut, lalu kontrak kegiatan selama 3 jam berlangsung ke depan. Anak-anak sangat antusias dan merasa senang.


(388 Kata)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RESOLUSI 2019

Banyak hal yang sudah kita lewati bersama suka duka sudah kita lalui bersama Biarkan tahun kemarin berlalu dengan membawa hal-hal yang bu...