Senin, 09 Juli 2018

TELADAN ERA INI (GUS MUS ) / 30HariMenulisDay16









TELADAN ERA INI

Tulisan di hari ke 16 masih tentang sosok Gus Mus. Sosok yang dilahirkan di Rembang 10 Agustus 1944. Punya nama lengkap KH. Ahmad Mustofa Bisri. Beliau adalah alumnus dan penerima beasiswa dari Universitas Al Ahzar Cairo (Mesir, 1964 – 1970). Beliau adalah pengasuh pondok roudlatuth Tholibin.

Menikah dengan Hj. Siti Fatma tahun 1971. Dikaruniai 6 putri, satu putra dan 13 cucu. Beliau terkenal dengan tulisan dan sastra nya. Kyai yang moderat dan tidak terlalu fanatik. Sejak kecil beliau hobi menulis dan melukis. Lukisan dan tulisan beliau sudah sampai ke berbagai negara.

Jika ingin membaca lebih detail lagi tentang Gus Mus bisa di search lagi tentang beliau. Di sini yang paling membuat saya tertarik menuliskan ini adalah bagaimana beliau tetap setia dan tidak berpoligami. Padahal sering saya menyaksikan seorang ustad atau kyai memiliki lebih dari 1 istri, ada yang punya dua, tiga sampai empat. Bahkan baru saja saya mendengar cuplikan berita dari androit teman saya, ada seorang ustad yang sudah punya tiga istri dan ini mau nikah lagi (waooow bangeeet kaaaaannn....?).

Menurut aku sekarang banyak yang salah kaprah memaknai sunah Rosul. Mengatasnamakan poligami dengan alih-alih sunah Rosul. Padahal masih banyak sunah-sunah Rosul yang lain. Memang sich, Allah memperbolehkan poligami, tapi.. Nah, ada tapinya lho,..bagi yang mampu berbuat adil. Yakin mereka yang poligami bisa adil?Padahal hati manusia itu cenderung condong kepada yang “lebih”. Lebih cantik, lebih muda, lebih kinclong, lebih kaya dan lain-lain.

Sebagaimana yang saya tahu dari fenomena yang ada, bahwa mereka menikah lagi denga n yang lebih muda dan lebih cantik dari istri pertama. Bahkan, mereka menikah diam-diam tanpa sepengetahuan istri pertama. Bukankah itu dzolim kan namanya????? Di mana letak aadilnya jika ada hati salah satu wanita yang tersakiti disaat dia menikmati kebahagiaan dengan istri barunya.

Teladan sesungguhnya di zaman ini adalah Gus Mus. Beliau mampu setia dengan satu istri. Sampai akhirnya ajal memisahkan mereka. Ini lah contoh sunah Rosul yang sesungguhnya. Bukankah dulu Rosulullah juga setia dengan Khodijah sampai ajal memisahkan mereka??. Adapun poligami Rosullah adalah dengan petunjuk Allah, untuk memperluas dakwah islam. Bukan karena dorongan nafsu untuk mrengoleksi banyak istri.


(344 KATA)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RESOLUSI 2019

Banyak hal yang sudah kita lewati bersama suka duka sudah kita lalui bersama Biarkan tahun kemarin berlalu dengan membawa hal-hal yang bu...